Cara Cek SKA LPJK Online Terbaru 2024

Cara Cek SKA LPJK Online terbaru 2024
Cara Cek SKA LPJK Online terbaru 2024

Cara Cek SKA LPJK Online Terbaru 2024- Memiliki Sertifikat Keterampilan Kerja (SKA) yang dikeluarkan oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) adalah hal wajib bagi perusahaan jasa konstruksi di Indonesia. Kedua dokumen ini menjadi bukti legalitas dan kredibilitas perusahaan konstruksi dalam mengerjakan proyek. Lalu bagaimana cara melakukan pengecekan dan verifikasi keaslian SKA yang anda miliki ? nah pada pemebhasan kali ini, kita akan membahas secara detail cara cek SKA LPJK, simak Penjelasanya sampai akhir !

Pengertian SKA LPJK

SKA LPJK pada dasarnya memiliki fungsi yang berbeda namun sama-sama penting. SKA LPJK adalah bukti sertifikasi kompetensi kerja personel proyek konstruksi. SKA LPJK wajib dimiliki oleh tenaga kerja profesional seperti arsitek, insinyur, dan pengawas proyek. Sementara LPJK sendiri adalah lembga yang resmi pemerintahan yang mengeluarkan sertifikat jasa konstruksi di indonesia.

Pentingnya Memiliki SKA LPJK

Dengan memiliki SKA LPJK, perusahaan konstruksi memiliki legalitas dan kredibilitas di mata klien. Klien dapat memastikan bahwa perusahaan konstruksi tersertifikasi dan layak untuk mengerjakan proyek. Sementara bagi tenaga kerja profesional, SKA membuktikan kompetensi di bidangnya masing-masing.

Syarat & Prosedur Mendapatkan SKA LPJK

Adapun syarat dan prosedur yang diperlukan untuk mendapatkan SKA LPJK, antara lain:

  1. Syarat administrasi: fotokopi KTP, fotokopi ijazah, pas foto, dll. Syarat teknis: sertifikat kursus/pelatihan sesuai bidang pekerjaan, pengalaman kerja minimal 2 tahun, dll.
  2. Prosedur pengajuan mengikuti aturan dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Peserta melakukan pendaftaran, pembelajaran, uji kompetensi hingga memperoleh SKA.

Cara Melakukan Verifikasi LPJK Secara Daring :

  • Kunjungi situs resmi LPJK Online di laman clbk.lpjk.net
  • Masukkan nomor LPJK pada kolom yang tersedia lalu klik tombol Cari
  • Sistem akan menampilkan informasi lengkap terkait LPJK termasuk masa berlaku dan nama perusahaan.
  • Periksa tanggal kadaluarsa dan kesesuaian nama perusahaan dengan dokumen fisik yang dimiliki.

Cara Melakukan Pengecekan SKA LPJK Online

Adapun cara cek SKA LPJK secara online meliputi :

  • Kunjungi situs resmi LPJK Online di laman clbk.lpjk.net
  • Masukkan nomor LPJK pada kolom yang tersedia lalu klik tombol Cari
  • Sistem akan menampilkan informasi lengkap terkait LPJK termasuk masa berlaku dan nama perusahaan.
  • Periksa tanggal kadaluarsa dan kesesuaian nama perusahaan dengan dokumen fisik yang dimiliki.

Biaya Perpanjangan & Cetak Ulang SKA LPJK

Adapun biaya-biaya yang diperlukan untuk perpanjangan atau pencetakan ulang SKA LPJK:

Biaya perpanjangan SKA LPJK: Rp2.000.000 sd Rp4.000.000 tergantung jenis sertifikasinya.

Peran SKA LPJK Dalam Pengadaan Jasa Konstruksi

Peran SKA  Dalam Pengadaan Jasa Konstruksi

Dalam proyek pengadaan jasa konstruksi, SKA LPJK wajib dimiliki baik oleh perusahaan pelaksana proyek maupun personel yang ditugaskan. Dengan SKA , perusahaan memiliki peluang lebih besar yang dimenangkan dalam tender pengadaan jasa konstruksi.

Kesimpulan

SKA LPJK memiliki peran krusial dalam karir dan bisnis jasa konstruksi. Dengan mengikuti panduan verifikasi LPJK dan perpanjangan SKA LPJK di atas, perusahaan konstruksi dapat memastikan legalitas seluruh dokumennya.

Cara Menghubungi Kami

Untuk informasi lebih lanjut tentang SKA LPJK Konstruksi dan bagaimana kami dapat membantu Anda, silakan hubungi tim kami melalui:

Penting bagi pelaku jasa konstruksi yang memiliki SKA LPJK untuk terus melakukan Pengecekan SKA LPJK. Jika mengalamai kesulitan jangan ragu untuk menghubungi kami untuk konsultasi atau pertanyaan lebih lanjut. Kami siap membantu Anda dalam memahami dan memenuhi semua kebutuhan sertifikasi SKA  Konstruksi.

FAQ

Apa itu sertifikat badan usaha (SBU) konstruksi?

Sertifikat Badan Usaha (SBU) Konstruksi adalah dokumen resmi yang menunjukkan bahwa suatu badan usaha atau perusahaan memiliki kualifikasi dan kapabilitas untuk melakukan pekerjaan konstruksi tertentu. SBU ini diperlukan sebagai salah satu persyaratan untuk mengikuti lelang atau tender proyek konstruksi.

Jenis SBU apa saja?

Jenis-jenis SBU Konstruksi dapat bervariasi tergantung pada kriteria dan klasifikasi yang diterapkan oleh otoritas pengatur atau lembaga yang mengeluarkan sertifikat. Beberapa contoh umumnya meliputi: SBU Kontraktor Bangunan Utama (BU): Memungkinkan badan usaha untuk menjadi kontraktor utama dalam proyek konstruksi. SBU Kontraktor Bangunan Khusus (BK): Diberikan kepada badan usaha yang memiliki keahlian khusus dalam pekerjaan konstruksi tertentu, misalnya, instalasi listrik, plumbing, atau struktur beton. SBU Ahli Konstruksi (AJ): Menunjukkan keahlian dan spesialisasi dalam suatu bidang tertentu seperti desain arsitektur, perencanaan, atau manajemen proyek konstruksi. SBU Perencana Konstruksi (PJ): Diberikan kepada perusahaan atau badan usaha yang memiliki kualifikasi dalam perencanaan proyek konstruksi.

Siapa yang menerbitkan SBU konstruksi?

SBU Konstruksi biasanya diterbitkan oleh otoritas atau lembaga yang berwenang di bidang konstruksi, seperti Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Konstruksi dan Pelaksanaan Konstruksi (LPJKN) di Indonesia. Proses penerbitan melibatkan penilaian terhadap kemampuan teknis, keuangan, dan manajerial dari badan usaha yang bersangkutan.
Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Rate this post
Post Views: 46
Chat Kami!
1
Butuh Bantuan ?
Hello, Silahkan Chat Kami