Dapatkan SKK Ahli Utama Survei Terestris (SI161006)

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Dapatkan SKK Ahli Utama Survei Terestris (SI161006)
Dapatkan SKK Ahli Utama Survei Terestris (SI161006)

SKK Ahli Utama Survei Terestris – Sebagai seorang Marketing yang bergerak di industri konstruksi, saya secara rutin berinteraksi dengan para profesional muda yang memiliki ambisi untuk meningkatkan karir mereka di bidang survei terestris. Salah satu pertanyaan yang sering muncul dan menjadi fokus pembicaraan adalah “Bagaimana langkah-langkah untuk mendapatkan SKK Ahli Utama Survei Terestris (SI161006)?” Dalam kesempatan kali ini, saya akan mengulas secara detail tentang proses dan langkah-langkah yang diperlukan untuk memperoleh sertifikasi ini, berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki dalam industri konstruksi.

SKK Ahli Utama Survei Terestris Adalah ?

Secara umum pengertian SKK Ahli Utama Survei Terestris mengacu pada survei yang dilakukan langsung di permukaan bumi, meliputi pengukuran posisi objek, jarak, sudut, dan ketinggian di lapangan menggunakan berbagai instrumen. Dengan data ini, para ahli survei terestris dapat membuat peta, menentukan batas kepemilikan tanah, serta merencanakan pembangunan infrastruktur.secara spesifik SKK Ahli Utama Survei Terestris adalah Sertifikat Keahlian Kerja yang diberikan kepada tenaga ahli di bidang survei terestris dengan tingkat keahlian tertinggi (Jenjang 9) . SKK ini diterbitkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang terakreditasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Tujuan SKK Ahli Utama Survei Terestris

  1. Penggantian Kompetensi Sesuai Standar Nasional: Sertifikasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa tenaga ahli di bidang survei terestris memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar nasional yang ditetapkan
  2. Meningkatkan Profesionalisme: Dengan memiliki sertifikasi SKK Ahli Utama Survei Terestris, tenaga ahli akan merasakan peningkatan dalam profesionalisme mereka.
  3. Meningkatkan Daya Saing: Sertifikasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan daya saing tenaga ahli survei terestris di pasar kerja.
  4. Perlindungan Masyarakat: Salah satu tujuan penting dari sertifikasi ini adalah melindungi masyarakat dari praktik survei terestris yang dilakukan oleh individu atau perusahaan yang tidak memiliki kompetensi yang memadai.

Manfaat SKK Ahli Utama Survei Terestris

Manfaat utama bagi pelaku jasa konstruksi yang memiliki SKK AhliUtama Survei Terestris adalah :

  • SKK Ahli Utama Survei Terestris adalah sertifikasi keahlian di bidang survei dan pemetaan untuk pekerjaan di darat (terestris). Beberapa manfaat dari memiliki sertifikasi ini adalah:
  • Pengakuan profesional Sertifikasi ini merupakan pengakuan resmi atas keahlian dan kompetensi seseorang dalam melakukan pekerjaan survei terestris sesuai dengan standar yang berlaku.
  • Meningkatkan kredibilitas Dengan sertifikasi, kredibilitas dan kepercayaan klien/pemberi kerja terhadap kemampuan profesional Anda akan meningkat.
  • Peluang karir lebih baik Sertifikasi ini dapat membuka peluang karir yang lebih baik di perusahaan-perusahaan survei dan pemetaan, industri pertambangan, kehutanan, konstruksi, pertanahan dan sebagainya.
  • Standar kompetensi Sertifikasi menjamin bahwa pemegang sertifikat telah memenuhi standar kompetensi tertentu dalam melaksanakan pekerjaan survei terestris.
  • Pengembangan profesional Proses sertifikasi mendorong pemegang sertifikat untuk terus meningkatkan keahlian dan pengetahuannya sesuai perkembangan teknologi dan standar yang berlaku.

Syarat Mendapatkan SKK Ahli Utama Survei Terestris

Untuk memenuhi syarat dalam memperoleh SKK Ahli Utama Survei Terestris, Anda harus mengikuti prosedur berikut ini:

  1. Sertifikat Identitas: KTP yang masih berlaku.

  2. Dokumen Pajak: NPWP.

  3. Dokumen Identitas Visual: Pas foto resmi berukuran 3×4 cm diperlukan untuk keperluan administrasi.

  4. Riwayat Pendidikan: Scan ijazah pendidikan minimal S1/S1 Terapan/D4 Terapan di bidang survei terestris atau bidang terkait harus disertakan.

  5. Pengalaman Kerja: Surat pengalaman kerja minimal 8 tahun untuk pendidikan S1, 7 tahun untuk pendidikan Profesi, dan 4 tahun untuk pendidikan S2/S2 Terapan/Pendidikan Spesialis_1 di bidang survei terestris atau terkait perlu disiapkan sebagai bukti pengalaman kerja Anda.

  6. Kontak Informasi: Pastikan Anda memiliki alamat email aktif dan nomor handphone yang dapat dihubungi.

  7. Pendidikan Lanjutan: Memiliki gelar S2/S2 Terapan/Pendidikan Spesialis_1 di bidang survei terestris atau terkait adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi.

Proses ini membutuhkan pemenuhan persyaratan yang ketat serta pengalaman dan pendidikan yang relevan untuk memastikan keahlian dan kredibilitas Anda dalam bidang survei terestris.

Biaya Sertifikasi SKK Ahli Utama Survei Terestris

Biaya sertifikasi SKK Ahli Utama Survei Terestris dapat bervariasi tergantung pada lembaga sertifikasi profesional (LSP) yang menyelenggarakannya. Perbedaan biaya juga terjadi pada SKK Konstruksi, dimana setiap jenjangnya memiliki tarif yang berbeda-beda. Secara umum, biaya pembuatan SKK Konstruksi dapat mulai dari 1 juta hingga 8 juta rupiah.khusus untuk biaya pembuatan SKK Ahli Utama Survei Terestris (SI161006), estimasinya berkisar antara 7 hingga 8 juta rupiah. Hal ini mencerminkan kompleksitas dan tingkat keahlian yang tinggi yang diharapkan dari ahli survei terestris yang memegang sertifikasi ini.

Jangka Waktu SKK Ahli Utama Survei Terestris

SKK Ahli Utama Pengawasan Terestris mengikuti ketentuan yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) 05 Tahun 2020, sesuai dengan pasal 101. Berdasarkan peraturan tersebut, SKK Konstruksi memiliki masa berlaku untuk jangka waktu 5 tahun yang dapat diperpanjang. Selain itu, SKK Ahli Utama Survei Terestris juga dapat mengalami perubahan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan dalam industri survei terestris. Hal ini ditunjukkan dalam menjaga relevansi dan kualitas dari sertifikasi tersebut seiring dengan perubahan yang terjadi dalam bidang survei terestris.

Penutup

SKK Ahli Utama Survei Terestris (SI161006) merupakan bukti kompetensi dan kredibilitas bagi para profesional di bidang survei terestris. SKK ini memberikan banyak manfaat, seperti meningkatkan peluang karir, pengakuan profesional, dan pengembangan diri.

Bagi para profesional di bidang survei terestris, ajukan diri untuk mengikuti proses sertifikasi SKK Ahli Utama Survei Terestris. Hubungi lembaga sertifikasi profesional (LSP) terakreditasi seperti LPJK, ISSI, dan BNSP untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Perhubungan dengan organisasi profesi seperti Ikatan Surveyor Indonesia (ISI) untuk mendukung pengembangan karir.

Bagi para peminat bidang survei terestris, pelajari untuk menempuh pendidikan di bidang survei terestris. Ikuti perkembangan teknologi terbaru dalam bidang survei terestris seperti drone dan LiDAR.

Dengan memiliki SKK Ahli Utama Survei Terestris, terus mengembangkan diri, dan mengikuti perkembangan teknologi, Anda dapat menjadi profesional yang unggul dan kompeten di bidang survei terestris.

Apa yang dimaksud dengan SKK Ahli Utama Survei Terestris (SI161006)?

SKK Ahli Utama Survei Terestris adalah sertifikasi keahlian kerja yang diberikan kepada tenaga ahli di bidang survei terestris dengan tingkat keahlian tertinggi (Jenjang 9). Sertifikasi ini mengonfirmasi bahwa pemegangnya memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar nasional dalam melakukan pekerjaan survei terestris.

Apa saja manfaat memiliki SKK Ahli Utama Survei Terestris (SI161006)?

Beberapa manfaatnya antara lain pengakuan profesional, peningkatan kredibilitas, peluang karir lebih baik, standar kompetensi yang terjamin, dan pengembangan profesional yang berkelanjutan.

Bagaimana cara memperoleh SKK Ahli Utama Survei Terestris (SI161006)?

Anda perlu memenuhi syarat yang meliputi identitas, dokumen pajak, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, kontak informasi, dan pendidikan lanjutan. Prosesnya melibatkan pendaftaran, pelatihan, dan ujian kompetensi yang diakui oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) terakreditasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan SKK Ahli Utama Survei Terestris (SI161006)?

Biaya sertifikasi SKK Ahli Utama Survei Terestris bervariasi tergantung pada lembaga sertifikasi profesional (LSP) yang menyelenggarakannya, namun estimasi biaya berkisar antara 7 hingga 8 juta rupiah.
Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Rate this post
Post Views: 44
Chat Kami!
1
Butuh Bantuan ?
Hello, Silahkan Chat Kami